Sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, Kepala Desa menyusun laporan pelaksanaan APBDesa Semester Pertama kepada Bupati/Walikota melalui Camat. Selain itu, Kepala Desa menyampaikan laporan pertanggungjawaban realisasi APB Desa setiap tamat Tahun Anggaran.
Laporan tersebut ditetapkan dengan Peraturan Desa yang disertai dengan Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi APBDesa dan Catatan atas Laporan Keuangan.
Pada aplikasi Siskeudes terdapat modul untuk menyajikan laporan-laporan tersebut, yaitu:
Sebelum menginput saldo awal aset pada skema akun sederhana, setiap desa semoga melakukan inventarisasi aset desa dan mengelompokkan hasil inventarisasi dalam rekening yang sudah ditetapkan.
Contoh:
1. Rekening Peralatan Kantor senilai Rp. xxx.xxx,xx terdiri dari :
2. Rekening Peralatan Rumah Tangga Rp xxx.xxx.xxx,xx terdiri dari:
3. Rekening Peralatan Komputer Rp xxx.xxx.xxx,xx terdiri dari:
Rincian aset tersebut dibuat dalam kertas kerja tersendiri.
Untuk mengisikan daftar aset tersebut buka hidangan Data Entri >> Pembukuan >> Saldo Awal sehingga tampak form sebagai berikut:
Laporan tersebut ditetapkan dengan Peraturan Desa yang disertai dengan Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi APBDesa dan Catatan atas Laporan Keuangan.
Pada aplikasi Siskeudes terdapat modul untuk menyajikan laporan-laporan tersebut, yaitu:
- Laporan Realisasi Anggaran dihasilkan melalui modul penatausahaan dengan jurnal otomatis dari dalam sistem aplikasi.
- Menu Saldo Awal digunakan untuk mencatat saldo aset dan kewajiban dalam rangka menghasilkan Laporan Kekayaan Milik Desa/Laporan Aset Desa yang diungkapkan dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).
- Menu Penyesuaian dipakai untuk mencatat perubahan aset dalam tahun berjalan.
- Menu Penyesuaian dipakai juga untuk melaksanakan koreksi pendapatan dan belanja yang sudah dicatat secara definitif.
A. SALDO AWAL
Menu saldo awal digunakan untuk mencatat aset desa dengan sketsa akun yang sederhana. Dalam menginput Saldo awal semoga memperhatikan data aset yang dicatat/diadministrasikan di desa.Sebelum menginput saldo awal aset pada skema akun sederhana, setiap desa semoga melakukan inventarisasi aset desa dan mengelompokkan hasil inventarisasi dalam rekening yang sudah ditetapkan.
Contoh:
1. Rekening Peralatan Kantor senilai Rp. xxx.xxx,xx terdiri dari :
- Mesin Ketik
- Mesin Hitung, Kalkulator
- Mesin Stensil
- Meja Kerja
- Meja Rapat
- Kursi Kerja
- Peralatan Kantor Lainnya
2. Rekening Peralatan Rumah Tangga Rp xxx.xxx.xxx,xx terdiri dari:
- Kompor
- Pemanas Air
- TV
- Kulkas
- Lain-lain
3. Rekening Peralatan Komputer Rp xxx.xxx.xxx,xx terdiri dari:
- Komputer PC
- Komputer Laptop
- Printer
- Jaringan Komputer
- Modem
- Lain-lain
Rincian aset tersebut dibuat dalam kertas kerja tersendiri.
Untuk mengisikan daftar aset tersebut buka hidangan Data Entri >> Pembukuan >> Saldo Awal sehingga tampak form sebagai berikut:
![]() |
Tampilan |
form Data Entri >> Pembukuan >> Saldo Awal
Isian saldo awal harus dicatat dalam jumlah total yang seimbang antara total debet dengan total kredit. Oleh sebab itu, untuk akun Persediaan dengan kode rekening "1.1.3.xx" semoga dinputkan juga rekening lawan pada akun "3.x.x.xx Ekuitas" sebagai rekening lawan.
Untuk aset tetap dengan rekening "1.3.x.xx" supaya diinputkan juga rekening lawan "3.x.x.xx Ekuitas" sebagai pengimbang.
Buka menu Data Entri >> Pembukuan >> Penyesuaian sehingga tampak form sebagai berikut:
Penyesuaian dan penambahan aset akan ditambahkan dalam laporan keuangan apabila telah di-Posting.
Untuk mencetak laporan pembukuan klik hidangan Laporan Pembukuan sehingga tampak tampilan berikut.
Tahapan proses pencetakan laporan:
Untuk aset tetap dengan rekening "1.3.x.xx" supaya diinputkan juga rekening lawan "3.x.x.xx Ekuitas" sebagai pengimbang.
B. PENYESUAIAN
Menu pembiasaan dipakai untuk mencatat mutasi penambahan atau pengurangan aset dalam tahun berjalan, adaptasi Laporan Aset Desa. Menu ini juga digunakan untuk menyesuaikan pendapatan dan belanja yang sudah bersifat definitif, adaptasi Laporan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.Buka menu Data Entri >> Pembukuan >> Penyesuaian sehingga tampak form sebagai berikut:
![]() |
Tampilan form Menu >> Data Entri >> Pembukuan >> Penyesuaian |
C. LAPORAN PEMBUKUAN
Menu Laporan Pembukuan dipakai untuk mencetak laporan keuangan yang harus disajikan oleh pemerintah desa, meliputi:- Laporan Realisasi Anggaran Desa;
- Laporan Realisasi Anggaran Desa per Kegiatan;
- Laporan Realisasi Anggaran Desa Periodik (bulanan, triwulanan dan semesteran);
- Laporan Kekayaan Milik Desa;
- Laporan Realisasi Anggaran per Sumber Dana;
- Laporan Realisasi Penggunaan Dana Desa;
- Laporan Penyerapan Dana Desa PMK 225.
Untuk mencetak laporan pembukuan klik hidangan Laporan Pembukuan sehingga tampak tampilan berikut.
![]() |
Tampilan Form Menu >> Laporan Pembukuan |
- Pilih jenis laporan yang akan dicetak;
- Pilih aba-aba kecamatan dan desa;
- Klik Cetak untuk menayangkan laporan;
- Print ke Media Printer.
***