Salah satu persoalan umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yaitu terkait dengan manajemen bumdes dan penyusunan pelaporan keuangan bumdes yang belum profesional, akuntabel dan transparan.

Dalam definisi yang sederhana, akuntabilitas berarti para pengelola bumdes bisa mempertanggung jawabkan seluruh pelaksanaan kegiatan perjuangan bumdes kepada masyarakat desa. Sedangkan bertanggung jawab berarti pengelola bumdes mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik, jujur dan terbuka.

Nah, untuk mewujudkan pengelolaan keuangan BUMDes yang akuntabel dan transparan, tentu harus ditunjang dengan sistem manajemen dan akuntabilitas pengelolaan bumdes yang baik dan inovatif. 

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengelola BUMDes di kurun milenial ini, mirip Aplikasi BUMDes berbasis android yang dibangun oleh PT. Usaha Desa Sejahtera bersama Kementerian Desa.

Dengan kehadirannya aplikasi bumdes ini kiraya mampu memudahkan para pengelola bumdes dalam penyusunan laporan keuangan dan acara perjuangan. Karena, aplikasi BUMDes berbasis android ini sangat mudah dipakai di smartphone. 

Secara tujuan dan fungsinya, aplikasi BUMDes terbaru ini berbeda dengan Aplikasi SIA BUMDes yang dikembangkan oleh BPKP. Yang mana jikalau aplikasi SIA BUMDes itu sistem info berbasis komputer dan laptop. Sedangkan aplikasi bumdes terbaru ini berbasis android.

Beberapa Kegunaan Aplikasi BUMDes, sebagai berikut:
  1. Membantu mendaftarkan lembaga BUMDes semoga mampu divalidasi oleh Pemerintah.
  2. Membantu dalam memperoleh akses berita terkait derma dari pemerintah.
  3. Membantu proses pengelolaan keuangan termasuk laporannya.
  4. Membantu BUMDes dalam menyusun rencana usaha (business pla dan SOP dengan gampang.
  5. Membantu BUMDes dalam mengakses kerjasama dengan pihak lain, termasuk pasar. 

Oleh karena itu, kehadirannya aplikasi Bumdes terbaru ini diperlukan mampu dimanfaatkan dan dipergunakan oleh para pelaku BUMDes. 

Sedangkan bagi Pemerintah Daerah dan Kementerian Desa dapat menjadi sarana dalam memfasilitasi pengembangan BUMDes, baik itu berupa pelatihan, pendanaan atau penambahan modal perjuangan, kanal pasar, dan berbagai perlindungan dalam bentuk lainnya.

Lalu, bagaimana cara menerima Aplikasi BUMDes dan cara penggunaan aplikasinya?

Cara menerima aplikasi BUMDes berbasis android ini sangat sudah, karena sudah tersedia secara gratis di Google Play Store. Sedangkan untuk cara pemakaian aplikasi juga sudah tersedia buku Panduan Penggunaan Aplikasi BUMDes.

Adapun langka-langkah dalam melaksanakan registrasi akun di aplikasi BUMDes, sebagai berikut:

1. Langkah pertama

Jika Anda belum melaksanakan donwload aplikasi BUMDes, silahkan unduh di App Store GoogleSetelah aplikasi terinstal di Smartphone Anda. Klik sajian Daftar Sekarang untuk melaksanakan proses pendaftaran akun.


Salah satu masalah umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Aplikasi BUMDes Terbaru 2019 dan Cara Menggunakannya

Tahapan berikutnya, silahkan isi data yang diminta sesuai Peraturan Desa terkait Pendirian BUMDes. 

Adapun data yang harus di isi meliputi; nama bumdes, tahun pendirian, nama provinsi, nama kabupaten, nama kecamatan, nama kelurahan/Desa, alamat BUMDes, nomor dan tahun perdes pendirian bumdes berserta lampiran dokumennya.

sans-serif="" verdana="">Untuk memperlancar proses pendaftar akun, pastikan dokumen perdes sudah tersedia di dalam hand phone Anda.




2. Langkah kedua

Isi data salah satu pengurus BUMDes yang akan dijadikan admin. Data yang harus di isi meliputi; nama admin, email, jabatan di bumdes, nomor HP, dan PIN. Jika data sudah terisi semua, klik DAFTAR.



Selanjutnya, Anda akan mendapatkan dua perintah, KEMBALI dan YA. Jika data yang diisi sudah benar dan lengkap. Silahkan klik YA.


 

Setelah registrasi akun berhasil klik TUTUP untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. 

Jika pendaftaran Anda berhasil. Klik KEMBALI untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Itulah dua langkah yang harus dilakukan dalam proses registrasi akun di Aplikasi BUMDes. Setelah itu baru mampu dilanjutkan ketahapan pendataan awal BUMDes dengan sejumlah pertanyaan yang harus Anda jawab disana, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah BUMDes Anda sudah punya memiliki SOP Usaha? 
  • Berapa Omset yang telah dihasilkan BUMDes Anda? 
  • Berapa persen konstribusi BUMDes Anda terhadap PADesa atau Dana Sosial?  
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas Anda harus masuk dulu ke aplikasi BUMDes dengan cara masukkan nomor HP dan PIN yang sudah didaftarkan, mirip gambar dibawah ini.
Salah satu masalah umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Aplikasi BUMDes Terbaru 2019 dan Cara Menggunakannya

Demikian ulasan singkat perihal Aplikasi BUMDes Berbasis Android dan Cara Registrasinya. Untuk proses pendaftaran lebih lengkap dapat Anda baca dalam Panduan Penggunaan Aplikasi BUMDes ini. Semoga bermanfaat, terus bergerak!!
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top